http://madiunkota.go.id/
(0351) 467967
nambangankidul.6kid@gmail.com

SIMAK DAN KETAHUI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ( IKM ) DALAM PELAYANAN DI KELURAHAN NAMBANGAN KIDUL

Jl. Merak No. 4b, Kode Pos : 63128 Jawa Timur, Telepon ( 0351 ) 467967

SIMAK DAN KETAHUI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ( IKM ) DALAM PELAYANAN DI KELURAHAN NAMBANGAN KIDUL

Salah satu tugas utama pemerintah adalah pelayanan umum (public service), selain tugas pembangunan (development) dan pemberdayaan masyarakat (empowerment). Dalam menyikapi hal ini Kelurahan Nambangan Kidul terus berupaya dalam meningkatkan angka Indeks Kepuasan Masyarakat atas suatu pelayanan atau program, sebagai cerminan keberhasilan pelaksanaan program layanan dan meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh petugas.

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Kegiatan penyusunan IKM dimaksudkan untuk mendapatkan data tingkat kepuasan masyarakat melalui survei kepada masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh unit penyelenggara pelayanan Pemerintah di wilayah. Tujuannya untuk mendapatkan feedbacksecaraberkala atas kinerja/kualitas pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang selanjutnya dilakukan secara berkesinambungan.