http://madiunkota.go.id/
(0351) 467967
nambangankidul.6kid@gmail.com

Pantau tumbuh kembang Balita melalui kegiatan Bulan Timbang Posyandu.

Jl. Merak No. 4b, Kode Pos : 63128 Jawa Timur, Telepon ( 0351 ) 467967

Pantau tumbuh kembang Balita melalui kegiatan Bulan Timbang Posyandu.

NAMBANGAN KIDUL – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat dengan Germas melalui Bulan Timbang di Bulan Agustus ini. Bulan timbang adalah bulan penimbangan untuk anak-anak balita. Balita adalah anak-anak yang berusia 0-5 tahun yang memang tiap bulannya rutin ditimbang di Posyandu terdekat daerah mereka tinggal. anak-anak akan ditimbang berat badan, ukur panjang/tinggi badan, serta mendapatkan imunisasi.

Bulan Timbang diperingati setiap Februari dan Agustus atau kita sebut dengan bulanya Posyandu. Jadi, di Bulan Februari dan Agustus tidak hanya dilakukan pemantauan tumbuh kembang bayi balita, imunisasi dan pemberian makanan tambahan saja, tetapi ditambah dengan pemberian tablet cacing dan kapsul vitamin A.

Dalam hal ini Lurah dan Ketua TP PKK Kelurahan Nambangan Kidul turut memantau pelaksanaan Bulan Timbang yang ada di Posyandu pada beberapa lokasi yang ada di Kelurahan Nambangan Kidul. Dari pemantauan tersebut tidak ditemukan angka penurunan gizi atau penurunan timbangan berat badan anak menurut keterangan dari Ketua TP PKK Kelurahan Nambangan Kidul berdasarkan informasi dari seluruh kader posyandu ya g ada di Kelurahan Nambangan Kidul.

Dengan adanya bulan timbang ini akan didapatkan status gizi balita, bila ada gizi kurang, gizi buruk dan stunting bisa terdeteksi. Nantinya semua balita di Kelurahan Nambangan Kidul terpantau status gizinya untuk menentukan tindak lanjut penanganannya, jika terpantau sebagai gizi kurang atau gizi buruk dan stunting untuk segera dilakukan intervensi untuk mencegah dampak buruk. (6Kid/BayuPermn)